e-KTP memang bentuk elektronik dari Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ketika e-KTP dibaca dengan card reader, data seperti layaknya di KTP muncul di layar yang terhubung dengan card reader.

Dalam rapat kerja Komisi II DPR dengan Kemendagri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/5/2013), dilakukan pengujian e-KTP atas permintaan Ketua Komisi II DPR Agun Gunandjar. e-KTP Agun yang sering difotokopi pun diuji di card reader, ternyata masih terbaca dengan sempurna.



Lalu data apa saja yang muncul?

Saat e-KTP disentuhkan ke card reader asal Korea dan Amerika, maka langsung muncullah foto Agun lengkap dengan biodatanya. Lebih lengkap dari di KTP konvensional.

Sejumlah data yang tertera antara lain Nama lengkap, NIK, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, golongan darah, status pernikahan, pekerjaan, agama. Juga terdapat tandatangan dan cap jari pemilik e-KTP.

Saat dicoba dengan card reader lokal, informasi pun terbaca, namun agak lama. "Yang BPPT belum bisa," ujar Agun disambut tawa kecil beberapa anggota Komisi II, sebelum datanya muncul di layar.

Setelah itu beberapa anggota Komisi II DPR juga melakukan hal yang sama. Hasilnya juga positif, e-KTP bisa terbaca dengan baik.

sumber: detikcom