Results 1 to 1 of 1

Thread: Jack Ma : Mantan Pemandu Wisata yang Memiliki e-Commerce Terbesar di China

  1. #1

    Jack Ma : Mantan Pemandu Wisata yang Memiliki e-Commerce Terbesar di China

    Siapa sih yang tidak kenal Jack Ma di masa sekarang ini? Seseorang yang begitu luar biasa dan rendah diri, berkepribadian yang santun dan seorang panutan di era teknologi ini. Cara berpikir beliau sangat luar biasa. Jack Ma merupakan orang yang serba ingin tahu, ingin bisa. Satu yang saya sukai dari beliau adalah pola pikir "ketika orang lain bisa, kenapa saya tidak?", dan hal ini dibuktikan dengan 1 contoh kecil saja, dimana kita tahu orang Tiongkok tidak menggunakan alphabet melainkan huruf Mandarin dan pelafalannya sangat sulit. Sedangkan Jack Ma dengan logat Mandarinnya yang begitu kental, tetap berusaha untuk terus belajar bahasa Inggris secara otodidak maupun dengan belajar bahasa Inggris online. Pola pikir inilah yang membuat Jack Ma menjadi salah satu orang yang sangat disegani di daratan Tiongkok sana. Berikut salah satu kisah beliau..

    Alibaba Group Holdings Ltd. and Founder Jack Ma As Company Files for U.S. Initial Public Offering of E-Commerce Giant

    Perawakan yang kecil dan penampilan yang kurang meyakinkan ternyata tidak menjadi penghalang untuk Jack Ma, pemilik e-Commerce terbesar di China yang dulunya ternyata adalah mantan pemandu wisata. Jack Ma bukanlah ahli komputer, bahkan Jack Ma tidak mahir dalam teknik komputer. Siapa sangka perusahaan yang dipimpinnya sudah bersaing sebagai perusahaan e-commerce terbesar dunia.



    Pada usia sekitar 12 tahun, Jack Ma sudah mempunyai ketertarikan terhadap bahasa inggris dan ingin tahu cara belajar bahasa inggris. Pada usia remaja Jack Ma sudah memberanikan diri untuk menjadi pemandu wisata untuk turis yang datang ke China. Pengalaman tersebut membuat Jack Ma menjadi lebih terbuka dengan dunia luar dibanding teman-teman seusianya. Jack Ma juga mendaftar pada salah satu universitas ternama di China yaitu Universitas Keguruan Hangzhou.



    Setelah lulus dari Universitas, Jack Ma mulai melamar pekerjaan di berbagai posisi akan tetapi banyak yang menolak Jack Ma, sampai akhirnya beliau mendapatkan sebuah pekerjaan di posisi sekretaris manager di Kentucky Fried Chicken (KFC). Pekerjaan tersebut dinikmati Jack Ma sambil mempelajari berbagai bisnis di internet. Akhirnya Jack Ma berinisiatif untuk membuat situs tentang China yang bisa memudahkan masyarakat di China untuk melakukan aktivitas di Internet. Akhirnya Jack Ma membuat sebuah website dengan nama Alibaba.com



    Alibaba.com didirikan pada tahun 1999 yang pada waktu itu timnya berjumlah 18 orang. Jack Ma berangan-angan untuk menciptakan sebuah trobosan baru untuk pengusaha kecil dan menengah agar bisa mengembangkan bisnis di internet. Berjalannya waktu Alibaba.com mengalami pasang surut walaupun akhirnya menunjukkan hasilnya. Jack Ma orang yang pantang menyerah, dengan mempelajari kesalahan terdahulu Jack Ma dengan cepat memperbaiki kesalahan tersebut. Alibaba pun berkembang sangat pesat dan salah satu perusahaan terbesar yaitu Yahoo pun bekerjasama dengannya. Dengan investment fund sebesar USD 1 Miliar, yahoo resmi memiliki 40% saham dari Alibaba dan Jack mengambil alih Yahoo di China.


    Jack Ma sangat bangga menjadi warga negara China dan ingin sekali memberikan sesuatu untuk negaranya. Jack Ma belajar bahasa inggris di China, dia tidak pernah ke luar negeri untuk belajar bahasa inggris. Dengan belajar bahasa inggris otodidak dia membuktikan bahwa belajar bahasa inggris dari usia dini bisa membuat seseorang sukses di masa depan.

    Sumber : http://squline.com/jack-ma/
    Reason: Lupa masukin sumber, trims.

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •